Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Relevansinya pada Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Miftahul Janah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v5i1.96

Keywords:

Akhlak Education, Ibnu Miskawaih, Contemporary Education

Abstract

This articel purpose to explain the concept of moral education with today’s education is inseparable from each other. Morality is very important in the study of Islam. Morality is a psychological condition that causes people to act impulsively and without careful planning, or consideration. The aim of this study is to determine whether Ibn Miskawaih’s moral education is still valid in today’s education. The data sources used are books, scientific journals, and records. The method used is qualitative with the type of research (kepustakaan). The findings of this study show that education is a process of forming human character towards a virtue, a correction of evil, and the process of improving. Ibn ‘Abbas emphasized more on moral education for human development, that is, the development of the soul with priorities comparable to the physics of pleasure, wealth, and power. Thus Ibn Miskawaih’s thought, he stated that if a person’s education is higher then his character will also be better.

 

Abstrak:

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan Konsep Pendidikan akhlak dengan pendidikan masa kini tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Akhlak sangat penting dalam kajian islam. Moralitas adalah kondisi psikologis yang menyebabkan orang bertindak secara impulsif dan tanpa perencanaan, atau pertimbangan yang hati-hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pendidikan moral Ibnu Miskawaih masih berlaku dalam pendidikan saat ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan penelitian library research dengan sumber data berdasarkan studi literatur. Sumber utama yang digunakan dalam hal ini penelitiannya adalah buku Pendidikan Etika Ibnu Miskawaih. Sedangkan sumber sementara yang sekunder adalah jurnal, berita sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang akan terjadi dibahas. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan, pendidikan adalah suatu proses pembentukan karakter manusia menuju suatu kebajikan, suatu koreksi keburukan, dan proses perbaikan menjadi lebih baik. Ibnu miskawaih lebih menekankan pendidikan moral untuk pembangunan manusia, yaitu pengembangan jiwa dengan keutamaan sebanding dengan jasmani kesenangan, kekayaan, dan kekuasaan. Dengan demikian pemikiran Ibnu Miskawaih, ia menyatakan jika pendidikan seseorang lebih tinggi maka karakternya juga akan lebih baik.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Ibnu Miskawaih, Pendidikan Kontemporer

References

Artikel jurnal:

Alwi, M. B. (2019). Etika Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Ghozali Dan Ibn Miskawaih. DAYAH: Journal of Islamic Education, 1(2), 145. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2928

Azizah, N. (2017). Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Konsep Dan Urgensinya Dalam Pengembangan Karakter Di Indonesia. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 5(2), 177. https://doi.org/10.31942/pgrs.v5i2.2609

Ayu Lestari, Konsep Guru Dan Anak Didik dalam Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih, Jurnal Tarbawi Vol. 14. No. 2. Juli, 2017. Hlm. 128

Dhurotul Khoiriyah, M. S. (2020). Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskwaih Terhadap Pendidikan Kontemporer. Tarbiyah Islamiyah, 8(1 April 2023), 64–73.

Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01

Hasanah, Nasruddin, dan M. (2019). Akhlak dalam Kehidupan Ibnu Maskawaih. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1), 719–727. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/702

Ibadin, H., & Santosa, S. (2022). Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Akhlak Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Al-Qalam, 23(2), 35–41.

Juarman, Susanto, H., & Kurnianto, R. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka Dan Ibnu Miskawaih Serta Relevansinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 37–74. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/JMP

Maghfiroh, M. (2017). Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlaq Karya Ibnu Miskawaih. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 206. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1169

Mar’atus Solikhah, Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Terhadap Pendidikan Kontemporer, Raudhah, Vol.8 No. 1. 2023. Hlm 259

Matanari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi tentang Konsep Akhlak dan Korelasinya dengan Sistem Pendidikan). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 113–126. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.56

Mufrod Teguh Mulyo, Maragustam Siregar, N. Z. S. (2022). Reconstruction of Character Education in the Global Era (Ibnu Miskawaih Concept Analysis Study). Journal Research of Social, Science, Economics, and Management, 1(9), 1473–1482. https://doi.org/10.36418/jrssem.v1i9.151

Nisrokha, Membongkar Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Jurnal Madaniyyah Volume 1 Edisi X Januari 2016, ISSN 2086-3462, Hlm. 108

Nizar, N., Barsihannor, B., & Amri, M. (2017). Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 49–59. https://doi.org/10.35905/kur.v10i1.584

Ramli, M., & Zamzami, D. N. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 208–220. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2669

Ratimah matanari, “Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi Tentang Konsep Akhlak Dan Korelasinya Dengan Sistem Pendidikan),” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15, no. 2 (2021). Hlm 118

Riami, Penanaman Pendidikan Akhalk Pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak, Falasifa, Vol. 12 Nomor 2.2021. hlm 14

Ridwan, & Aisyah, dan N. (2022). Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dalam kitab Tahdzibul Akhlak. Jurnal Bashrah, 02(1), 68–85.

samsudin. (2018). Pendidikan Dalam Bingkai Historis :Konsep Pendidikan Persepktif Ibnu Miskawaih. Al-Mabsut, 12(2), 95–106. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENDIDIKAN+DALAM+BINGKAI+HISTORIS%3B+KONSEP+PENDIDIKAN+PERSEPKTIF+IBNU+MISKAWAIH+Oleh%3A+Samsudin+Dosen+STIT+Islamiyah+Karya+Pembangunan+Paron+Ngawi+ABSTRAK&btnG=#:~:text=iaingawi.ac.id, PENDIDIKAN

Semin, Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan Relevansinya Terhadap Kehidupan Bangsa, An-Nuha, Vol.6. No. 2, 2019. Hlm 157-158

Syarifuddin, Dosen, E., Fai, T., Prodi, U., & Al-Syakhshiyah, A. (2019). Filsafat Akhlak Persfektif Ibnu Miskawaih. Jurnal Taushiah FAI UISU, 9(2), 49–58.

Universitas Sunan Kalijaga, H. Z. dkk. (2022). Humanisme dalam filsafat islam (Issue 11 November).

Usman, I. K. (2018). Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih dan Ibnu Khaldun. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(2), 121–131. https://doi.org/10.30984/jii.v5i2.570

Buku:

Bisri Khasan, “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam”, (Nusamedia:2021)

Arifin Yanuar, “Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam Dari Klasik hingga Kontemporer,” (Yogyakarta:2018)

Ibnu Miskawaih, “Menuju Kesempurnaan Akhlak”, Terjemah Tahdzib Al-akhlak; 1998

Siregar Maragustam, “Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter” (Yogyakarta:Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga:2023)

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Janah, M. (2025). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Relevansinya pada Pendidikan Islam Kontemporer. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 51–65. https://doi.org/10.24260/ngaji.v5i1.96

Issue

Section

Articles