Pendidikan Nilai Karakter Islami Melalui Al-Qur’an dan Tafsir: Sebuah Kajian Tematik
DOI:
https://doi.org/10.24260/ngaji.v4i2.93Keywords:
Education, Islamic character values, Qur’an, TafsirAbstract
In this challenging modern era, Islamic character education is a crucial aspect in shaping a noble generation. Technological advances and the swift flow of information bring positive impacts, but also bring new challenges, such as weakening moral values, increasing deviant behavior, and a reduced sense of empathy among children and adolescents. In dealing with this condition, the Qur’an as the main guide of Muslims provides clear guidance on the formation of good character. This research discusses the strengthening of Islamic character values through the Qur’an by highlighting some of the main characters that need to be instilled from an early age, namely honesty (ash-shidq), responsibility (al-mas’uliyyah), compassion and social care (ar-rahmah & al-ihsan), patience (ash-shabr), and discipline (al-iltizam). Each value is explored based on relevant Qur’anic verses and their application in daily life. The results show that Islamic character values in the Qur’an remain relevant in the modern era. Honesty builds trust, responsibility establishes independence, and compassion creates social harmony. Patience and perseverance help face challenges, while discipline increases productivity. By applying them, individuals can thrive and face the changing times well.
Abstrak: Di era modern yang penuh tantangan, pendidikan karakter Islami menjadi aspek krusial dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi membawa dampak positif, tetapi juga memunculkan tantangan baru, seperti melemahnya nilai moral, meningkatnya perilaku menyimpang, dan berkurangnya rasa empati di kalangan anak-anak dan remaja. Dalam menghadapi kondisi ini, Al-Qur’an sebagai pedoman utama umat Islam memberikan tuntunan yang jelas mengenai pembentukan karakter yang baik. Penelitian ini membahas penguatan nilai karakter Islami melalui Al-Qur’an dengan menyoroti beberapa karakter utama yang perlu ditanamkan sejak dini, yaitu kejujuran (ash-shidq), tanggung jawab (al-mas’uliyyah), kasih sayang dan kepedulian sosial (ar-rahmah & al-ihsan), kesabaran (ash-shabr), serta kedisiplinan (al-iltizam). Setiap nilai tersebut dikupas berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter Islam dalam Al-Qur’an tetap relevan di era modern. Kejujuran membangun kepercayaan, tanggung jawab membentuk kemandirian, dan kasih sayang menciptakan harmoni sosial. Kesabaran dan ketekunan membantu menghadapi berbagai tantangan, sementara kedisiplinan meningkatkan produktivitas. Dengan menerapkannya, individu dapat berkembang dan menghadapi perubahan zaman dengan baik.
Kata Kunci: Al-Qur’an, Nilai Karakter Islami, Pendidikan, Tafsir
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 79–85. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991
Alfani, I. H. D. (2023). Eksistensi Manusia Dan Keadilan Sosial Kemanusiaan Perpektif Tafsir Ruh al-Ma’ani Al-Alusi. El-Maqra’: Tafsir, Hadis Dan Teologi, 3(2), 46–57. https://doi.org/elmaqra.v3i2.6318
Alfani, I. H. D., Mukhsin, M., Fadllurrahman, I., & Firdaus, Z. F. (2024). Ma’na-cum-Maghza Approach to the Qur’an: Interpretation of QS 24: 32-33 on the Precaution of Self-Preservation. Jurnal Ulunnuha, 13(2), 123–147. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/ju.v13i2.9590
Aulia Herawati, Ulil Devia Ningrum, & Herlini Puspika Sari. (2024). Wahyu Sebagai Sumber Utama Kebenaran dalam Pendidikan Islam : Kajian Kritis Terhadap Implementasinya di Era Modern. SURAU : Journal of Islamic Education, 2(2), 166–183. https://doi.org/10.30983/surau.v2i2.8713
Az-Zuhaili, W. (2013). Al-Wasith Fi Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. Dar Al-Kitab Al-Alamiyah.
Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi kehidupan. Guepedia.
Dzikrillah Alfani, I. H., & Mukhsin Mukhsin. (2024). Abdullah Saeed’s Contextual Approach to The Qur’an: Interpretation of Q. 24: 31. PERADA, 7(2). https://doi.org/10.35961/perada.v7i2.1627
Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.
Hartari, S., Hamengkubuwono, H., & Dewi, J. K. (2023). Implementasi Program Ppt (Peduli Pangan Teman) Dan Sereh (Sedekah Receh) Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Sosial Di Kelas 2 Sdit Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Curup. Institut Agama Islam Negeri Curup. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4470
Istiqlaliyah, H. (2023). Pendidikan karakter anak usia dini melalui program 7 fitrah anak. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 31–47.
Janah, Siti Wardatul Nikmah, S. S., Bariyah, Zakiyatul Maulidin, S., Nawawi, M. L., & Jazuli, S. (2025). Strategi Orang Tua dalam Menanamkan Kesadaran Ibadah Sholat pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di Kampung Srikaton Kecamatan Anak Tuha. Edukids : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 56–68. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i2.4188
Kamila, A. (2023). Pentingnya pendidikan agama Islam dan pendidikan moral dalam membina karakter anak sekolah dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan
Muharram, M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15559–15567. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36779
Mukhsin, M., & Hubby Dzikrillah Alfani, I. (2024). Imam Shafi’i’s Educational Thought And Its Implications For Contemporary Islamic Education. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 9(1), 34. https://doi.org/10.24235/oasis.v9i1.18405
Mukhsin, M., Hubby Dzikrillah Alfani, I., & Fauzi, R. (2024). The Role of Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah Youth in Promoting Islamic Moderation in Indonesia. An-Nida’, 48(2), 183–205. https://doi.org/10.24014/an-nida.v48i2.32457
Musbaing, M. (2024). Peran Pembelajaran PAI dalam Membangun Karakter Islami (Sebuah Kajian Literatur). Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(3), 405–412. http://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/395
Putri, M., Lestari, R. D., Matondang, S., & Sunardi, N. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Islam di Era Remaja Milenial. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.37
Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam perspektif pendidikan Islam: Nilai fundamental, strategi implementasi, dan dampaknya terhadap pembentukan karakter santri di pesantren. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i1.848
Shihab, M. Quraish. (2006). Tafsir al-Misbah. In Tafsir al-Mishbah (Vol. 14). Lentera Hati.
Shihab, Muhammad Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati.
Situmorang, D. Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 110–119. https://doi.org/https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.226
Suyadi, S., Destiyanti, A. Z., & Sulaikha, N. A. (2019). Perkembangan nilai agama-moral tidak tercapai pada anak usia dasar: Studi kasus di Kelas VB SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 1–12. https://www.jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/69
Wahyuningsih, R., Hanurawan, F., & Ramli, R. (2020). Peran Keluarga pada Perkembangan Moral Siswa SD di Lingkungan Eks Lokalisasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 587. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13445
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Zain, S. H. W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365
Zaleha, S. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ramah Lingkungan. Komprehensif, 2(1), 96–104. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif/article/view/716
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This publication is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.