Kontribusi Perkembangan Studi Al-Qur’an terhadap Pendidikan Islam Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.24260/ngaji.v4i2.88Keywords:
Faktor Pendorong, Pendidikan Islam Kontemporer, Perkembangan Studi Al-Qur’anAbstract
Al-Qur’an sebagai prinsip utama ajaran Islam, memegang peran sentral dalam membentuk sistem pendidikan yang komprehensif dan dinamis. Penelitian ini menyoroti prinsip-prinsip dan ajaran yang terdapat di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan dan diterapkan selama berabad-abad, memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan pendidikan Islam yang berkelanjutan. Metode penelitian ini di dasarkan pada analisis literatur (library reseach). Studi ini mengidentifikasi perkembangan studi Al-Qur’an yang memiliki tiga fase: formatif, afirmatif, dan reformatif. Perkembangan kajian Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong seperti minat akademis, kebutuhan akan pemahaman yang mendalam, konteks sosial-politik, pengembangan metode interpretasi baru, dan kebutuhan akan pembaruan pemikiran. Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Al-Qur’an, sistem pendidikan modern dapat menjadi lebih inklusif, membantu dalam pembentukan individu yang tidak hanya berpengetahuan luas, tetapi juga memiliki moralitas yang tinggi dan kesadaran sosial yang kuat.
References
Abdun Nasir, M. F., & Arif, M. (2021). Sumbangan Studi Al-Qur’an Bagi Keilmuan Islam Dan Pendidikan. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(June), 1. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i1.545
Asman, Wantini, & Betty Mauli Rosa Bustam. (2021). Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 262–281. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119
Badi, S., Raden, U. I. N., Lampung, I., Lampung, K. B., Sumatera, P., Lampung, K. B., … Lampung, K. B. (2018). Trend studi al- qur’an di lingkungan masyarakat kota bandar lampung. 12(2), 231–256.
Dilla, A. M., & Adiyono. (2023). Mengoptimalkan Literasi Alquran: Mengeksplorasi Strategi Pedagogis Dan Faktor-Faktor Sosial-Lingkungan Yang Berdampak Pada Kemahiran Membaca Al-Quran Di Kalangan Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Tanah Grogot. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(7), 641.
Faisol, M. (2019). HUKUM ISLAM DAN PERUBAHAN SOSIAL Muhammad Faisol. Jurnal Ilmiah Syari‘Ah, 18(1). Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/Juris/article/view/1397/1241
Fathra, F. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pengajaran Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 213–216.
Hamdani, H. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Politik Terhadap Penafsiran Al-Qur’an (Studi Komparatif Penafsiran Sayyid Quthb dan Ibnu Katsir Tentang Jihad). Tesis, 1–181.
Idrus, H., Bakar, A. A., & Basri, H. (2023). Eksistensi Tafsir dari Sudut Objek dan Tujuannya dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an. AL-AQWAM: Jurnal Studi Al-Quran Dan Tafsir, 2(1), 1–18. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aq/article/view/525%0Afiles/3941/Idrus et al. - 2023 - Eksistensi Tafsir dari Sudut Objek dan Tujuannya d.pdf
Iskandar, S. (2016). Studi Kasus Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmu Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 86–93.
Iwandi. (2009). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Pendidikan, 1–50.
Jumari, J., & Umam, K. (2022). Era Society 5.0: Suatu Tantangan Bagi Pendidikan Islam Kekinian. Journal of Islamic Education and Pesantren, 2(2), 155–170. https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3790
Lubis, M. R. (20116). Pembaharuan Pemikiran Islam : Dasar,Tujuan, dan Masa Depan. Ilmu Ushuluddin, 5(2), 223–246.
Maya, R. (2022). Kontribusi Studi ‘Ulumul Qur’an Karya Ilmuwan Indonesia di Perguruan Tinggi dalam Rentang Tahun 2009-2020. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(1), 83. https://doi.org/10.29240/alquds.v6i1.3265
Pramita, M., Jamienti, Alimir, & KarimHamdi, A. (2023). Pembinaan Akhlakul Karimal Melalui Pembiasaan Membaca Al- Qur ’ an di SMP N 3 Sungai Pua Kab . Agam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 22045–22052.
Sanaky, H. A. H. (2008). Metode Tafsir [Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirin]. Al-Mawarid, 18, 263–284. https://doi.org/10.20885/almawarid.vol18.art7
Solong, N. P., & Idrus, H. (2022). Dinamika Pembelajaran Tafsir di Perguruan Tinggi Islam: (Analisis Perkembangan Studi Al-Qur’an). Ar-Risalah, 1(1), 76–88.
Sujai, A. (2022). Studi-Studi Al-Quran Dengan Pendekatan Modern. 3(2), 70–79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This publication is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.