Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Islami

Authors

  • Nita Jannatun Ni’mah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Havis Shafa Listo Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nita Yuli Astuti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v4i1.72

Keywords:

Noble morals, Role of Teacher, Learning Srtategy

Abstract

Through Islamic character-based learning strategies, teachers can help students understand and implement moral values in Islam. Thus, this research makes a significant contribution to the development of Islamic Religious Education which focuses on the formation of students' noble morals. This research aims to examine the role of Islamic religious education teachers in improving students' noble morals through Islamic character-based learning strategies. The research was conducted using qualitative research methods with literature study. The research results show that Islamic religious education teachers play an important role in forming character and noble morals for students. Through Islamic character-based learning strategies, teachers can teach moral and ethical values in Islam effectively. Apart from that, teachers also act as role models for good behavior and attitudes, which influence students positively.

 

Abstrak: Melalui strategi pembelajaran berbasis karakter Islami, guru dapat membantu peserta didik memahami dan mengimplementasi nilai-nilai moral dalam Islam. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam yang berfokus pada pembentukan akhlak mulia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik melalui strategi pembelajaran berbasis karakter Islami. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agam Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak mulia bagi peserta didik. Melalui strategi pembelajaran berbasis berbasis karakter Islami, guru dapat mengajarkan nilai-nilai moral dan etika dalam Islam secara efektif . Selain itu, guru juga berperan sebagai teladan dalam perilaku dan sikap yang baik, yang mempengaruhi peserta didik secara positif.

Kata Kunci: Akhlak mulia, Peran guru pai, Strategi pembelajaran

References

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330.

Al-hikam, S. (2021). URGENSI PENDIDIKAN MORAL DAN. 6(1), 75–85.

Dalam, A., & Islam, P. (2020). Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama. 6(2), 110–128.

Darmiah. (2023). Penanaman Nilai Akhlak Pada Anak Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 13(1), 22–38.

Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective Membangun Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ahmad Faqihuddin | Membangun Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam, 12(2), 372. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504

Islam, U., & Banda, N. A. (2021). Hakikat peserta didik dalam pendidikan islam. 11(1), 165–180.

Johansyah, J. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63

Marzuki, M. (2009). Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam. Humanika, 9(1), 25–38. https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3781

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Pendidikan, J., Sastra, B., Akhlak, M., & Siswa, M. (2023). Jurnal wistara. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa., 4, 130–132.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramadhan, M. R. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter dalam Pendidikan Agama Islam. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 201–211. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.114

Ramdhani, M. A., Besar, G., Sunan, U., & Djati, G. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. 28–37. Retrieved from www.journal.uniga.ac.id

Sekolah, M. D. I. (2019). Pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak mulia di sekolah. 207–218.

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809

Syariah, K. B., & Ilmu, G. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. (september 2016), 1–6.

Syukur, A. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. MISYKAT AL-ANWAR: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 144–164. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Tarbiyah, D. F., Iain, K., & Intan, R. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM Junaidah. 6, 118–133.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43–63. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Ni’mah, N. J. ., Listo, H. S. ., & Astuti, N. Y. . (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Islami. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24260/ngaji.v4i1.72

Issue

Section

Articles