Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Rangka Optimalisasi Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Madrasah/Sekolah

Authors

  • Usman Radiana Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Nani Tursina Prodi Manajemen Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Rudiansyah Rudiansyah Prodi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i2.34

Keywords:

Management, Quality, Learning, Professionalism

Abstract

The learning process that occurs in the classroom so far still has many deficiencies that must and need to be addressed in the framework of improvement through quality. Educators are one of the most important factors in the success or failure of the educational goals that have been wanted to be achieved. The success of education lies in the competencies that must be mastered by teachers, one of which is professional competence. Teacher quality also needs to be continuously improved through various teacher professional development programs as a form of effort to improve the quality of learning which has so far not been optimal enough. In this study, researchers used library research which used library sources including literature books, e-book scientific journal articles, and report notes which included undergraduate theses, theses, dissertations, and other relevant documents. Learning quality management is very important to make learning quality/quality in optimizing the professionalism of education staff in schools/madrasas. As a group of professional educational staff, they can be optimized through several components such as planning the quality of learning and implementing the quality of learning to evaluation. In Islam, the attitude of professionalism has been found through His words, and His words as the people must be able to emulate what has been implemented by the Prophet Muhammad SAW. Thus, it can also be a solution to solve educational problems in this era.

 

Abstrak: Proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas selama ini masih banyak kekurangan yang harus dan perlu dibenahi dalam rangka penyempurnaan melalui mutu. Tenaga pendidik menjadi salah satu faktor terpenting berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan yang selama ini ingin diraih. Keberhasilan pendidikan terletak pada kompetensi yang harus dikuasai guru salah satunya kompetensi profesionalisme. Kualitas guru juga perlu dibenahi berkelanjutan melalui berbagai program pengembangan keprofesionalisme keguruan sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu pembelajaran yang selama ini belum cukup optimal. penelitian ini peneliti menggunakan penelitian pustaka (library research) yang menggunakan sumber kepustakaan meliputi buku literatur, artikel jurnal ilmiah ebook, catatan laporan yang meliputi skripsi, tesis, disertasi serta dokumen lain yang relevan. Manajemen mutu pembelajaran sangat penting untuk menjadikan pembelajaran bermutu/berkualitas dalam optimalisasi keprofesionalisme tenaga kependidikan di sekolah/madrasah. Sebagai tenaga kependidikan keprofesionalannya dapat dioptimalkan melalui beberapa komponen seperti perencanaan mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran hingga evaluasi. Dalam Islam sikap keprofesionalan sudah ditemukan melalui firman-Nya maupun sabda-Nya sebagai umatnya harus dapat meneladani yang sudah diimplementasikan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, dapat juga menjadi solusi untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan di era ini.

Kata Kunci: Manajemen, Mutu, Pembelajaran, Profesionalisme

Author Biographies

Usman Radiana, Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

 

 

Nani Tursina, Prodi Manajemen Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Pontianak

 

 

Rudiansyah Rudiansyah, Prodi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak

 

 

References

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Febriansyah, Dodi. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran (di Sekolah Dasar Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejong Lebong). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. STAIN Curup.

Hadis, Abdul dan Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hanief, Muhammad. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinis Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI.

Mujahidin, Firdos. (2017). Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2015). Manajemen pendidikan, Teori Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyandri, Atika dan Rahmafitria Purwaningsih. 2021. Profesionalisme Guru dalam Perspektif Islam. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam. IAIN Samarinda. Vol. 1. No. 1.

Radiana, Usman. (2020). Perencanaan Pendidikan di Era Globalisasi. Pontianak: Fahruna Bahagia.

Radiana, Usman. (2021). Manajemen Pendidikan. Pontianak: Fahruna Bahagia.

Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. (2021). Education Management Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saud, Udin Syaefuddin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip dan Instrumen). Bandung: PT Refika Aditama.

Suprahatiningrum. (2017). Guru Profesional Pedoman Kinerja Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprianto, Bibi. (2021). Sejarah Kesultanan Pontianak dalam Mengembangkan Pendidikan Islam pada Tahun 1771-1808. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam. IAIN Samarinda. Vol. 1. No. 1.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2012). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tursina, Nani. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uno, Hamzah, B dan Nurdin Muhammad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uwes, Sanusi. (1999). Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logo Wacana Ilmu.

Wafa, Ali. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar di MTsN Sumber Bungur Pamekasan. Jurnal Kabilah. Pamekasan: STIDKIS Ali Mardiyyah. Vol. 2. No. 2.

Zed, Mustika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Radiana, U. ., Tursina, N., & Rudiansyah, R. (2025). Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Rangka Optimalisasi Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Madrasah/Sekolah. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 57–72. https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i2.34

Issue

Section

Articles