Nilai-Nilai Pendidikan Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habibburahman El Shiraz

Authors

  • Rosita Sofyaningrum Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Alfi Nurdina Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Muchtar Asngari Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i2.31

Keywords:

Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja), Bidadari Bermata Bening, Novel

Abstract

Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) are NU-based educational values that benefit Muslims’ life in society, nation, and state. These values appear in literary works, one of which is from novels. This study aims to determine the values of Islamic education in Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) in the novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy. The research method used is the descriptive qualitative method. The data used in this study is written data in the form of novel texts related to the character of Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) in the novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy. The data source in this study is the novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy published by Republik second edition, in May 2017, with a total of 337 pages. The technique used to collect data in this study is the reading-note technique. The data analysis technique uses a character approach by looking at the contents and goals implied in literary works by interpreting the values of Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja). The results show that the values of Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) in the novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy include four attitudes. The first attitude is Tawasuth in doing justice and taking the middle way. The second attitude is Tawazun, balance in doing something (deliberation). The third attitude is Tasamuh, intolerance, mutual respect, and mutual respect for differences. And the fourth attitude is Amar Ma’ruf Nahi Munkar, in enjoining good deeds and forbidding bad deeds.

 

Abstrak: Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) merupakan nilai-nilai pendidikan berbasis ke-NU-an yang bermanfaat bagi kehidupan seorang muslim dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai tersebut pun muncul dalam karya sastra, salah satunya di dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa teks novel yang berhubungan dengan karakter Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Repuplika cetakan kedua, bulan Mei 2017, dengan jumlah 337 halaman. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik baca-catat. Teknik analisis data menggunakan pendekatan karakter dengan melihat isi dan tujuan yang tersirat di dalam karya sastra dengan menginterpretasikan nilai-nilai Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy mencakup empat sikap. Sikap pertama adalah Tawasuth, dalam berbuat adil dan pengambilan jalan tengah. Sikap kedua adalah Tawazun, seimbang dalam bertindak (musyawarah). Sikap ketiga berupa Tasamuh, dalam tenggang rasa, saling menghormati, dan saling menghargai perbedaan. Dan sikap keempat adalah Amar Ma’ruf Nahi Munkar, menyuruh perbuatan baik dan melarang perbuatan buruk.

Kata Kunci: Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja), Bidadari Bermata Bening, Novel

Author Biographies

Rosita Sofyaningrum, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

 

 

Alfi Nurdina, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

 

 

 

Muchtar Asngari, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

 

 

 

References

Aminuddin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aprilian, Dimas. (2021). Nilai-nilai Akhlak pada Novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Aulia Nur Dina (2020). Nilai-nilai dalam Ahl Al- Sunnah wa Al-Jama’ah dalam novel Bumi Cinta Karya Habibburahman El Shirazy, Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIAN Purwokerto, Purwokerto.

Cahyani, dkk. (2019). Analisis Kearifan Lokal dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA. Genre, 1(1), 58-62.

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi Offset.

El Shirazy, H. (2017). Bidadari Bermata Bening, edisi 2017. Republika Penerbit: Jakarta.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mukayanah, Umi Faikotul. 2018. Nilai-nilai Religius dalam Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di MTS, Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang: Malang.

Said Aqil Siradj. (2008). Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis. Tangerang: Pustaka Cendekia Muda.

Singgih, Muhammad, dkk. 2019. Nilai-Nilai Religius dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Implikasinya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional: STKIP PGRI Bandar Lampung. 1(1), 215-222.

Syafriyanto Eka. 2015. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 6(2), 217-229.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Sofyaningrum, R., Nurdina, A., & Asngari, M. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habibburahman El Shiraz. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i2.31

Issue

Section

Articles