Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan Pendekatan Quantum di SMP Bumi Cendekia Yogyakarta

Authors

  • Syahrul Fauzi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nidaul Fajrin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i1.25

Keywords:

Learning, STEAM, Quantum

Abstract

The background of this research is based on the lack of understanding of the community and educational institutions regarding various STEAM-based learning methods (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). And one of the goals of the STEAM-based learning method is that students are able to have an understanding of learning material based on experiential practice, with a quantum approach, the learning process will be more fun and not monotonous. This is why the research focuses on the implementation of STEAM-based learning with a quantum approach. The research method used is descriptive qualitative research, data collection techniques are carried out by interview, observation, and documentation. Data analysis was carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study are that there are two forms of STEAM learning in SMP Bumi Cendekia, namely theory-based learning and practice-based learning. In teaching theory, STEAM at SMP Bumi Cendekia tries to integrate two different subjects at one time with the same theme. While the form of practice is that there are several STEAM-based learning practices that have been implemented, namely Ramp, Electric Energy Saving Campaign and Waste Processing. Prior to the practice of learning, students are given a stimulus in order to understand the learning that will be carried out. With a quantum approach, the learning process will be more fun and not monotonous.

 

Abstrak: Latar belakang penilitian ini didasarkan pada masih kurangnya pemahaman masyarakat dan lembaga pendidikan mengenai metode pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics) yang bervariatif. Dan salah satu tujuan dari metode pembelajaran berbasis STEAM yakni agar siswa mampu memiliki pemahaman terhadap materi pembelajaran berdasarkan praktik pengalaman, dengan pendekatan quantum maka proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tidak terkesan monoton. Hal ini, sehingga penilitian berfokus pada impelementasi pembelajaran berbasis STEAM dengan pendekatan quantum. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa terdapat dua bentuk pembelajaran STEAM di SMP Bumi Cendekia yakni pembelajaran berbasis teori dan praktik. Dalam pengajaran teori, STEAM di SMP Bumi Cendekia berusaha mengintegrasikan dua mata pelajaran yang berbeda pada satu waktu dengan mengangkat tema yang sama. Sedangkan bentuk praktik yakni terdapat beberapa praktik pembelajaran berbasis STEAM yang telah dilaksanakan yakni Ramp, Kampanye Hemat Energi Listrik dan Pengolahan Sampah. Sebelum dilakukan praktik pembelajaran siswa diberikan stimulus agar dapat memahami pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dengan pendekatan quantum, proses pembelajaran tersebut akan lebih menyenangkan serta terkesan tidak monoton.

Kata Kunci: Pembelajaran, STEAM, quantum.

References

Andriani, Ayu. 2020. “Bandul Si Alarm Gempa Produk Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Pada Kelas XI MIA 4 Di SMAN 4 Kejuruan Muda Tp 2019/2020.” GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains 3(01):6–11. doi: 10.33059/gravitasi.jpfs.v3i01.2312.

Estriyanto, Yuyun. 2020. “Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan 13(2):68–74. doi: 10.20961/jiptek.v13i2.45124.

Evananda, Febrina, Ibrahim Bafadal, and Ahmad Yusuf Sobri. 2018. “Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(3):252–62. doi: 10.17977/um027v1i32018p252.

Firza Alaydrus, Muhammad. 2020. “PENERAPAN MODEL GAYA BELAJAR DI SEKOLAH.” El MUBTADA: Journal Of Elementary Islamic Education 02(01):13–24.

Fitri, Mardi. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 3(2):40–51. doi: 10.15575/japra.v3i2.8681.

Hamruni. 2009. “GLOBAL LEARNING (Mengembangkan Potensi Otak Dan Iiidra Dalani Pembelajairan).” Mukaddimah XV(26):89–108.

Hendri, Edi. 2010. “GURU BERKUALITAS: PROFESIONAL DAN CERDAS EMOSI.” Jurnal Saung Guru 1(2):1–11.

Hendriani, Ani. 2011. “Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Administrasi Pendidikan 13(1). doi: 10.17509/jap.v13i1.6388.

Multasyam, Ahmad Yani, and Ma’ruf. 2012. “Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Handayani Sungguminasa.” Jurnal Pendidikan Fisika 4:298–308.

Munawar, Muniroh, Fenny Roshayanti, and Sugiyanti. 2019. “PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEN STEAM Dan LOOSE PART.” Jurnal Ceria 2(5):276–85.

Nikmah, Alfu. 2015. “PEMBELAJARAN MELALUI BRAIN BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” ThufulA 3(2):203–18.

Nurcholis, Ahmad. n.d. “Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Al- Qur ’ an.” Al-Fitrah.

Nurhikmayati, Iik. 2019. “Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika.” Didactical Mathematics 1(2):41–50. doi: 10.31949/dmj.v1i2.1508.

Pratama, fidya arie. 2018. “Penerapan Pembelajaran Quantum Melalui Strategi TANDUR.Pdf.” Jurnal Ilmiah EDUKASI 6(1):183–92.

Rahmawati, Beatrica Aulia. 2020. “Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Di SD My Little Island Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim Malang.

Solihat, Amalia, Regina Licheteria Panjaitan, and Dadan Djuanda. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning.” Jurnal Pena Ilmiah 2(1):451–60. doi: 10.17509/jpi.v2i1.10680.

Swediati Ed.D, Nonny. 2020. Metode Pembelajaran Karakter Berdasarkan Dinamika Perkembangan Otak.

The porter, Bobby, and Mike Hernacki. 1992. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. New York: Dell Publishing.

Wijaya, Hengki. 2003. “Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini.” 1–19.

Zahran, Ma’ruf. 2019. “Quantum Learning: Spesifikasi, Prinsip, Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.” JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education 2(2).

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Fauzi, S. ., & Fajrin, N. . (2025). Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan Pendekatan Quantum di SMP Bumi Cendekia Yogyakarta. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i1.25

Issue

Section

Articles