Supervisi Program MAKK Madrasah Salafiyah Syafiiyah Tebuireng (Studi Kasus di Asrama MAKK Pondok Pesantren Tebuireng)

Authors

  • Salman Alfarisi Allomboky Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i1.23

Keywords:

Supervision, MAKK, Islamic Boarding School

Abstract

Supervision is a must in guarding learning, because without supervision of learning, it is certain that there will be a decline in the quality of learning. In one of the units owned by the Tebuireng Islamic Boarding School, namely Madrasah Aliyah Syafiiyah (MASS) Tebuireng, there is a department that is superior, namely the MAKK department. The curriculum used is really very good, and runs according to the vision and mission. However, there are several things that must be evaluated and improved, one of which is related to supervision. This article attempts to explore the MAKK Program and the obstacles and solutions that must be done.

 

Abstrak: Supervisi menjadi sebuah keharusan dalam mengawal pembelajaran, sebab tanpa disertai dengan supervisi pembelajaran dipastikan akan mengalami kemunduran dalam mutu pembeljaran. Di salah satu unti yang dimilki pondok pesantren Tebuireng yakni Madrasah Aliyah Syafiiyah (MASS) Tebuireng terdapat Jurusan yang menjadi unggulan yakni jurusan MAKK. Kurikulum yang digunakan sunggguh sangat baik, dan berjalan sesuai visi misi. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus dievaluasi dan diperbaiki salah satunya terkai dengan supervisi. Artikel ini berusaha untuk mengupas Program MAKK tersebut dan kendala serta solusi yang harus dilakukan.

Kata kunci: Supervisi, MAKK, Pesantren

References

Fauzan. (2013). Kurikulum Pendidikan Islam; Sebentuk Analisis Terhadap Kurikulum Pendidikan Di Dayah Mudi Semalanga Bireuen. Shefa Bumi Persada.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Kusmawati, H., & Surachman, A. I. (2019). Glokalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Keagamaan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 98. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.98-115

Mulyasa, E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Munif, F. (n.d.). Tujuan, fungsi, sasaran dan manfaat supervisi akademik. 89–102.

Nahidl, N. A. A. (2010). Spectrum Baru Pendidikan Madrasah. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagmaan.

Nasution, S. (1994). Asas Asas Kurikulum. Bumi Aksara.

Rohmah, M. R., & Arifin, Z. (2017). Eksistensi dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 369. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-11

Arifin, Zainal, (2012), Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Agama RI, (1998/1999), Profil Madrasah Aliyah Keagamaan, Direktorat Jenderal kelembagaan Agama Islam.

Keputusan Jenderal Direktur Pendidikan Islam Nomor 1293 Tahun 2016 Tentang Juknis Penyelenggaraan Program Keagamaan di Madrasah Aliyah.

Khozin, Wahid dkk, (2010), Sinopsisi Kajian Pendiidkan Agama dan keagamaan 2006-2009, Jakarta: Puslitbang Pendidikan aAgama dan Keagamaan.

Kosim, Muhammad, (2007), Madrasah di Indonesia (Pertumbuhan dan perkembangan), Tadris Jurnal Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, 2 (1).

Miles, B. M. & Huberman, A. M, (1984), Qualitative Data Analysis, London New Delhi: Sage Publications.

Departemen Agama RI.

Ramayulis, (2011), Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep,filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam, dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Allomboky, S. A. (2025). Supervisi Program MAKK Madrasah Salafiyah Syafiiyah Tebuireng (Studi Kasus di Asrama MAKK Pondok Pesantren Tebuireng). Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.24260/ngaji.v2i1.23

Issue

Section

Articles