Pemikiran Prof. H.M. Arifin, M. ED. (Religius-Konservatif): Pendidikan dan Relevansinya terhadap Dunia Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.24260/ngaji.v1i2.16Keywords:
Prof. H. M. Arifin, Religuis-Konservative, educationAbstract
first scientist in Indonesia to receive an academic degree in Islamic Education from UIN Syarif Hidayatullah. The aims of this study are to know: (1) Islamic education in Indonesia, (2) the basic concepts of Islamic education thought by Prof. H. M. Arifin, M. Ed. (3) The relevance of Islamic education thinking Prof. H. M. Arifin, M. Ed in the modern era. This research uses qualitative research methods, the type of writing used is library research where the data comes from books, books and other documents. Qualitative data is presented in descriptive form. The qualitative data in this study is a general description of the nature of multicultural education and its characteristics. The results of this study indicate that: (1) Modern education has several characteristics when compared to traditional education. This is because modern education is clearly more directed to follow the changing times. Characteristics of modern Islamic education, not only ukhrawi, but also talk about the worldly, (2) Islamic education aims to foster a strong pattern of human personality through mental training, brain intelligence, reasoning, feelings and senses. (3) The relevance of the thoughts conveyed by H. M. Arifin with contemporary Islamic Islamic education is very relevant, namely not only fixating on one aspect but all domains including the cognitive, affective and psychomotor domains as a manifestation of knowledge to enrich and develop skills.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran dari Prof. H. M. Arifin yang merupakan tokoh ilmuan pertama di Indonesia yang mendapatkan gelar akademisi dalam bidang Ilmu Pendidikan Islam dari UIN Syarif Hidayatullah. Tujuan dari penulisan article ini adalah:(1) Pendidikan Islam di Indonesia, (2) Konsep dasar pemikiran pendidikan Islam Prof. H. M. Arifin, M. Ed. (3) Relevansi pemikiran pendidikan Islam Prof. H. M. Arifin, M. Ed di era modern. Penelittian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis tulisan yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dimana data berasal dari buku, kitab dan dokumen lainnya. Data kualitatif disajikan dalam bentuk deskriptif yang dimaksud data kualitatif pada penelitian ini yaitu gambaran umum mengenai hakikat pendidikan multikultural dan karakteristiknya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan modern, memiliki beberapa karakteristlk tersendiri bila dibandingkan dengan pendidikan tradisional. Hal ini dikarenakan pendidikan modern, jelas lebih mengarah mengikuti perubahan zaman. Ciri khas pendidikan Islam modern, bukan hanya bersifat ukhrowi saja, tetapi juga berbicara tentang duniawi, (2) Pendidikan Islam bertujuan untuk menumbuhkan pola kepribadian manusia yang kuat melalui pelatihan kejiwaan, kecerdasan otak, penalaran, perasaan dan indra. (3) Relevansi pemikiran yang disampaikan oleh H. M. Arifin dengan pendidikan Islam Islam kontemporer sangat relevan yaitu tidak hanya terpaku pada satu aspek saja tetapi semua ranah diantaranya ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai manifestasi ilmu guna memperkaya dan keterampilan.
Kata Kunci : Prof. H. M. Arifin, Religuis-Konservative, dan pendidikan.
References
Adawiyah Putri Robiah, 2018, Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspktif H. Muzayyin Arifin, Skripsi Sarjana Pendidikan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Arifin, 2010, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Arifin, 2016, FIlsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, cet. Ke-8
Arifin, 1994, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara
Arifin, 2016, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara
Arifin, 2009, Ilmu Pndidikan Islam, Jakarta: Pt Bumi Aksara, ct. K-4
Chairunnissa Connie, 2017, Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidikan Dan Sosial Jakarta: Mitra Wacana Media
Djohar, 2003, Pendidikan Strategik: Alternatif Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Lesfi
Ghofur Abdul, Kontruksi Epistemologi Pendidikan Islam (Studi ata Pemikiran Prof. H. M. Arifin, M. Ed.) Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Haris Muhammad, 2015, Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H. M. Arifin, Jurnal Ummul Quro, Vol. VI, No. 2, Surabaya: UIN Sunan Ampel
Jalaluddin, 2003, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Maragustam, 2020, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Margono, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
Munirah, Sistem Pendidikan Di Indonesia: antara keinginan dan realitas, Jurnal Auladunia, Vol. 2, No. 2 Desember 2015, Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Nata Abudin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press
Nata Abuddin, 2000, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Raqib Moh., 2009, Ilmu Pendidikan Isslam Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga Dan Masyarakat, Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang
Rhoíruddin Afoh, 2018, Pendidikan Islam Tradisional dan Modern, Tasyri’, Vol. 25, No. 2, Sidoarjo: IAI Al-Khoziny
Rosyadi Khoirun, 2004, Pendidikan Profektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Sadullah Uyoh, 2014, Pedagogik (Ilmu Mendidik), Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016, Metode Peneltian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Tafsir Ahmad, 2010, Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This publication is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.